Lokasi Bukit Gajah Bobok Tempat Wisata Di Sumatra Utara

Seluruh Wisata - Padatnya aktivitas kegiatan sehari-hari terkadang menimbulkan keinginan untuk menepi sejenak dari hingar bingar kota dan segala problemnya. Ketepatan, saat membuka media sosial, saya menemukan sebuah destinasi wisata yang tergolong baru dan bernama unik. Ya, namanya Bukit Gajah Bobok. Entah atas dasar apa bukit ini diberi nama demikian, saya tidak tau pasti dan tak pula coba menebak-nebak. lagi pula saya bukan kakek segala tau, yang dengan menguncang-guncang kaleng rombengnya bisa tau tentang apapun. sebelum melebar lebih jauh kesana kemari, mari kembali bercerita soal bukit Gajah Bobok.

Bersama tiga orang rekan yang berhasrat sama (pengen liburan) kami memutuskan untuk 'menepi' disana. Sehari sebelum keberangkatan proses persiapan segala perlengkapan camping dilakukan. Seperti menyiapkan tenda dome, matras, jaket, kompor, dan tentu saja bahan-bahan logistik. Bermodalkan informasi minim yang di dapat dari artikel blog internet, kami menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor.

Akses Menuju Lokasi

Rute yang dilalui untuk mencapai Bukit Gajah Bobok adalah Medan - Pancur Batu – Berastagi – Kabanjahe – Merek. Sesampainya di pertigaan Merek, pilih jalan menuju Sidikalang. Tidak jauh dari sana (sekitar 8 km) tepatnya sebelum Gerbang Simalem Resort, terdapat plang bertuliskan selamat datang dibukit Gajah Bobok. Ups, tunggu dulu. Sampai disini, barulah anda menemukan sensasi berwisata mendaki puncak. Bagi penggemar hiking, perjalanan bisa dilalui dari titik ini. Kami yang saat itu 'hanya' berniat cari ketenangan tentu saja tidak memilih berjalan kaki. Sepeda motor pun dipacu semaksimal mungkin melewati jalan berbatu dan menanjak lumayan ekstrem.

Kelelahan selama perjalanan kurang lebih 4 jam dari kota Medan langsung terbayar lunas saat sampai di puncak bukit. Saat itu hari sudah malam, sekitar pukul 09.00 WIB. Cuaca begitu cerah sehingga ribuan gemintang bersinar terang. Kami segera mendirikan tenda dan bergegas memasak untuk mengisi perut yang mulai keroncongan. Kopi hangat dan lantunan suara gitar dari tenda sebelah menemani syahdunya malam. Bukit Gajah Bobo memang tempat yang recomended untuk menepi dari riuhnya kota. Memandang indahnya bintang gemintang mahakarya Tuhan YME ditemani belaian angin yang semakin genit menusuk tulang.

Sunrise, Danau Toba dan Puncak-Puncak Tertingi

Pagi hari, dikala matahari mulai terlihat di ufuk timur, kami bergegas bangun untuk menyaksikan matahari terbit. Posisi terbaik untuk melihat sunrise adalah puncak bukit yang bisa ditempuh berjalan kaki sekitar 10 menit-an. Sesungguhnya, tidak hanya sunrise yang dapat dilihat dari titik ini, sunset juga bisa dinikmati saat senja tiba. Disana kita dapat duduk ditepian bukit sambil memandang indahnya Danau Toba. Banyak juga yang asik berselfie ria bersama teman maupun pasangan. Sungguh indah, hehehe..

Bukit Gajah Bobok adalah tempat spesial, dari sini kita dapat menyaksian panorama Danau Toba dan berbagai puncak-puncak tertinggi di Sumatera Utara. Terdekat adalah Gunung Sibuatan. Memutar arah pandang sedikit, Gunung Sinabung yang mudah ditandai karna menyembulkan debu diatas puncaknya terlihat bagikan berdiri beriringan dengan Gunung Sibayak. Bukit Gundul berada persis bersebelahan dengan Bukit Gajah Bobok, dibelakangnya mengintip Gunung Seribu Dolok. Bahkan nanjauh diarah perairan Danau Toba, terlihat Gunung Pusuk Buhit menyembul dari sisi permukaan perbukitan khas Danau Toba. Hamparan danau terbesar di asia tenggara membentang indah dengan berbagai perkampunga seperti Tongging dan Silalahi yang menghiasi sisi-sisinya.

Hembusan angin membuat perut terasa cepat lapar. Sekitar pukul 07.30 WIB Kami kembali ke tenda dan memasak bahan-bahan logistik yang tersisa. Selesai makan dan menyeduh teh manis hangat, rasa kantuk kembali datang. Tempat terbaik untuk tidur yakni dengan menggunakan hammocks yang dipasang diantara pepohonan di tepian bukit. Luar biasa, sungguh tidur yang menyengkan. Sekitar pukul 12.00, matahari mulai terasa terik membakar kulit. Kami segera berkemas-kemas untuk bergegas kembali ke aktifitas hingar Kota Medan. Tentu saja tidak lupa membersihkan segala jenis sampah yang kami hasilkan. Catatan penting bagi siapapun yang ingin menikmati ketenangan, keindahan dan keasrian Gajah Bobok, sampah wajib dibawa pulang!

Penulis → aminio

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Lokasi Bukit Gajah Bobok Tempat Wisata Di Sumatra Utara"

1. Mau tanya mba, disana mendaki boleh saat dini hari ngga?

Balasan
    1. assalamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Ahmad Danan Telpn 0822'9128'6336 saya tidak akan melupakan jasa aki.

jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,

namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.